Laporan Penelitian Tindakan Kelas.

PENINGKATAN KESADARAN MINAT SISWA KELAS X4 SMA NEGERI IV PADANG DALAM MEMILIH JURUSAN ( DI SMA ) DENGAN LAYANAN INFORMASI

        Tujuan Pendidikan di SMA adalah menyiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi sesuai dengan bakat, minat, dan potensinya. Namun kenyataan di lapangan banyak siswa yang memilih jurusan dan cita-cita pekerjaannya tidak singkron dengan bakat, minat, dan potensinya (akademis & ekonomi), karena pemahaman yang salah bahwa jurusan IPA itu lebih bagus dan berprestise dari jurusan IPS dan jurusan Bahasa. Oleh sebab itu maka peran Bimbingan dan Konseling  sangat penting, sekaligus ini merupakan tujuan penelitian tindakan kelas ini,  yaitu: untuk meningkatkan kesadaran minat siswa kelas X4 SMA Negeri IV Padang dengan Layanan Informasi.

       Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Sebelum diberi layanan, terlebih dahulu siswa mengisi angket dan hasil angket pertama menunjukkan bahwa siswa kelas X4 SMA IV Padang  yang memilih IPA, 87,5% dan IPS 12,5%, dan menurut hasil tes Psikologi, mereka yang tepat naik ke IPA 40%, IPS 60%, sedangkan berdasarkan nilai, ke IPA 47,5%, IPS 50%, dan hampir 50% berasal dari keluarga yang berekonomi lemah, serta mereka yang bercita-cita menjadi dokter sebanyak 55%. Hasil angket juga menggambarkan  bahwa mereka belum memahami hal penjurusan dan potensi dirinya.

Berdasarkan hal di atas, maka diberikan layanan Informasi secara klasikal (siklus 1), kemudian mengisi angket dan terpantaulah bahwa mereka yang memilih IPA 82,5% dan IPS 17,5%. Pada siklus 2 diberikan layanan Informasi secara kelompok, lalu mengisi angket lagi dan hasilnya 80% memilih IPA, dan 20% memilih IPS, namun tetap belum singkron potensi diri dan pilihan jurusannya, maka diberikan siklus 3 dengan layanan Informasi secara individual, setelah itu mengisi angket lagi dan hasilnya 75% memilih IPA, dan IPS 25%. Dari hasil tersebut yang layak naik ke IPA hanya 50%, tetapi yang lain itu tetap memilih IPA karena katanya IPA itu lebih bagus dan berpeluang tinggi serta berprestise, di samping itu mereka juga banyak yang bercita-cita menjadi dokter untuk memperbaiki ekonomi keluarga mereka.

nina-salmitaKlik disini untuk memesan eBook ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook